Perkuliahan Dosen Fantastis

Dosen Fantastis Stikom Surabaya

Halo Gaes..!

Terimakasih sudah jadi viewer setia di blog saya. Kali ini saya mau share pengalaman menarik di kelas bersama seorang dosen di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Dosen ini merupakan dosen yang tidak "umum". Oleh sebab itulah kenapa saya tertarik untuk berbagi cerita tentang dosen ini.

Beliau menjadi buah bibir dan cukup terkenal di Stikom Surabaya karena keunikan dan kreativitasnya dalam mengajar di kelas. Sehingga apa yang diajarkan terasa mudah dipahami, menyenangkan dan kadang - kadang ketika pelajaran selesai, perut Anda terasa kram karena tertawa terlalu lama hahaha 😆

Penasaran ? tunggu dulu...

Banyak mahasiswa yang cukup senang dengan cara beliau mengajar tapi juga ada beberapa yang tidak karena aturan yang beliau terapkan "dinilai" tidak enak baginya. But of course a lecturer teaches us to be discipline, right? Meskipun begitu, bagi saya, beliau ini unik dan punya ciri khas.

Beliau Adalah Mr. Julianto Lemantara

Mr. Julianto Dosen Fantastis Stikom Surabaya

Beliau adalah mantan Staff bagian PPTI di Stikom Surabaya yang sekarang menjadi dosen jurusan Sistem Informasi berjuluk "Dosen Fantastis".


Peraturan Gokil

Kenapa saya sebut peraturan gokil? karena memang gokil haha 😆. Peraturan ini dikemas dengan bahasa yang memang unik sehingga banyak mahasiswa yang baru bertemu dengan dosen ini langsung memfoto slide dan menyebarkan di grup internal kelompok. Lalu dimana gokilnya? Mari kita simak !

Keterlambatan 0 detik !

Di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya menerapkan sistem keterlambatan 0 detik, jika Anda terlambat 1 detik saja. Itu artinya Anda sudah terlambat ! Lalu apa konsekuensi yang harus Anda terima ? Mr. Julianto menerapkan aturan sebagai berikut: 

Jika mahasiswa telat, hukuman ada 3 opsi :
  1. Tidak ikut kuliah
  2. Anda harus talent show (unjuk bakat) supaya dianggap hadir (tidak alpha)
  3. Jika tidak talent show, Anda dianggap alpha tetapi masih boleh ikut pelajaran
Jika dosen telat bagaimana? Nah ini yang asik 😆
  1. Jika dosen talent show - mahasiswa sekelas tidak lulus
  2. Jika dosen tidak talent show - mahasiswa sekelas aman terkendali
Aturan berikutnya, baju, celana harus rapih dan sesuai dengan ketentuan kampus. Jika tidak, Anda tidak diperbolehkan mengikuti kuliah.

Kemudian HP wajib di silent selama kuliah. Jika HP Anda bunyi, maka hukuman ada 3 opsi :
  1. HP jadi milik dosen
  2. Dianggap alpha
  3. Jika Anda mau talent show, maka Anda aman terkendali hahah 😆
Dan masih ada beberapa aturan unik lain yang harus dipatuhi oleh mahasiswa.

Talent Show

Talent show atau unjuk bakat merupakan hukuman yang harus dilakukan jika Anda ingin aman setelah melanggar aturan kelas. Tidak sedikit yang pernah kena hukuman ini karena kesalahan yang disengaja maupun tidak. Saya sendiri juga pernah mengalaminya ketika tiba - tiba HP saya berbunyi ketika ada pop-up berupa video iklan sialan yang muncul begitu saja tanpa izin resmi dan restu dari saya.

Mau tidak mau saya harus talent show. Apa yang saya lakukan saat itu? saya tunjukkan kemampuan public speaking saya dengan membahas Teknik SEO selama kurang lebih 10 menit. Tapi juga ada mahasiswa lain yang nyanyi bahkan stand up comedy.


Baca Juga : Perpustakaan Awesome Stikom Surabaya

Siraman Rohani

Yang satu ini bukan bagian dari hukuman tetapi merupakan hiburan ketika kelas dirasa mulai banyak mahasiswa yang ngantuk karena mungkin tidak paham dengan materi yang di jelaskan. Kok ya kebetulan di kelas ada beberapa mahasiswa yang wajahnya sedikit melenceng ke arab - araban hahaha 😆. Isi ceramah yang disampaikan juga seru, yang cearamah malah di bully. Duh kasian... sabar ya mas Afri


Padepokan 5 Jurus

Asli ini ga kalah gokil, 30 menit sebelum kelas Minggu lalu selesai, Mr. Julianto mengadakan quiz kecil nan gokil. Quiz ini diadakan karena lagi - lagi banyak mahasiswa yang sudah ngantuk plus lesu. Kasian. Akhirnya beliau berusaha membuat kelas semangat lagi dengan cara melatih mahasiswa menggunakan 5 jurus.

Perintahnya seperti ini :

Jika Anda diberi 5 jurus, manakah yang akan Anda gunakan ketika dosen berkata "wuuussss !!!!!"

Aturannya adalah semua harus berdiri menghadapa depan dan ketika ada kata - kata "wuuussss !!!!!" dari dosen yang ada di belakang, Anda harus memasang 1 dari 5 opsi jurus yang diberikan. Jika Anda menggunakan jurus yang sama dengan dosen, maka Anda kalah dan harus kembali duduk manis.

5 mahasiswa yang masih bertahan hingga akhir akan mendapat point plus dari dosen untuk menambah nilai Anda. Hmm ada - ada saja caranya 😆

Bagi - Bagi Poin

Ketika dosen menanyakan tentang materi kepada Anda secara random, bisa ataupun tidak Anda harus bisa jawab, jika Anda tidak jawab bisa - bisa poin dikurangi tetapi jika Anda menjawab, benar atau salah maka Anda tetap dihargai dengan poin. Inilah cara yang dilakukan oleh Mr. Julianto untuk memaksa mahasiswa memahami apa yang diajarkan di kelas. Cara ini memang cukup efektif, terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mampu menjawab ketika ditunjuk maupun tidak ditunjuk. Keren.

Teka - Teki Sulit

Ini merupakan cara lain dari bagi - bagi poin yang dilakukan oleh Mr. Julianto supaya mahasiswa tidak bosan di kelas. Sesuai dengan judulnya, teka teki ini memang sulit dan hanya bisa dijawab oleh mahasiswa yang berpikir out of the box.

Pertanyaan Pertama : Dosen yang menjadi kordinator mata kuliah Desain Basis Data adalah dosen .....
hayoo apa coba tebak ? 😆

Pertanyaan Kedua : Di Stikom Surabaya ada jurusan Sistem Informasi, Sistem Komputer dan ......... 
Hayo coba tebak lagi pasti pusing kan ?😆

Sudah sudah jangan terlalu dipikir, ini saya kasih jawabannya




















Jawaban nomer 1 adalah "Pintar" dan jawaban nomer 2 adalah "sebagainya" 😆. Jelas ini benar- benar teka teki yang sulit. hahaha

Kesimpulan

Masing - masing dari keunikan sudah saya ceritakan satu per satu. Sekarang coba Anda perhatikan betapa kreatifnya dosen ini. Mengajarkan kedisiplinan melalui peraturan keterlambatan 0 detik, kemudian mengajarkan kepada mahasiswa untuk berani unjuk bakat dan berani malu dihadapan banyak orang melalui talent show, meluangkan sedikit waktu untuk siraman rohami karena hardsikll saja tidak cukup, tetapi softskill juga harus diperhatikan, ada lagi padepokan 5 jurus agar suasana kelas tidak membosankan dan yang terakhir menstimulus mahasiswa untuk selalu aktif di kelas dengan teka teki sulit dan bagi - bagi poin.

Cukup itu saja cerita berjudul Perkuliahan Dosen Fantastis yang membahas keunikan dosen saya di Stikom Surabaya sebagai Institut Berkualitas, Unggul dan Terkenal. Saya pribadi mengucapkan permohonan maaf jika ada kesalahan dalam menceritakan di postingan ini. Dan untuk Mr. Julianto semoga panjang umur, sehat selalu untuk terus mengajar di kelas.

Tetap semangat, tetap ceria, jangan lupa mimik susu. Nuhun 😆





6 comments

Wah bagus ya, kuliah dimana mas fadhil ini????

waw aku terharu gan fadhil....
terimakasih info nya

kuliah di luar negri mas, Stikom. Kapan2 mampir yaah

arganata alif fani delete 05 March, 2017 20:23

storynya bagus gan

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik. Komentar yang berisi link aktif dan hal - hal yang mengandung unsur p*rn*gr*f*, h*ck, sara dan j*di tidak akan ditampilkan.
EmoticonEmoticon